Pages

Perbedaan Server IIX Dan US

Sabtu, 27 Juli 2013
Nah, sebagian orang masih ada yang bingung maksudnya server IIX itu apa sih? Trus bedanya server IIX dan server US itu apa?

Nah, karena itulah saya mau berbagi pengetahuan tentang apa perbedaan IIX dan US Server. Simak penjelasan saya berikut ini.

IIX (Indonesia Internet eXchange) server adalah server penyedia layanan hosting atau tempat diletakkannya website kita yang letaknya di Indonesia, sedangkan US server adalah server penyedia layanan hosting yang letaknya di Amerika Serikat (United State). Nah, terus perbedaan lainnya apa?

Perbedaan yang lain adalah kecepatan load dan harga. Jika dilihat dari segi kecepatan load, server IIX memang lebih unggul jika diakses dari Indonesia. Hal ini karena letak router servernya ada di Indonesia (Jakarta) sehingga lebih dekat dengan para pengakses dari Indonesia. Berbeda dari server US yang letaknya ada di Amerika Serikat (US), otomatis jarak antara router server dan pengakses di Indonesia memang sangat jauh yang mengakibatkan waktu load yang lebih lama dibanding server Indonesia (IIX).

Namun jika dilihat dari segi harga, server US memang lebih murah dibandingkan dengan server IIX. Mengapa demikian? Ini karena server di US hanyalah server milik orang (perusahaan) di sana yang disewa. Jadi tidak mengeluarkan biaya perawatan (hanya biaya sewa) sedangkan untuk server IIX, server milik sendiri dan harus melakukan perawatan yang ekstra ditambah lagi biaya internet di Indonesia lebih mahal jika dibandingkan di US.

Mengapa biaya kecepatan internet berpengaruh? Ya tentu saja, karena server juga melakukan koneksi ke internet dan melakukan uploading ke komputer client (komputer kita). Padahal kita tahu untuk kecepatan upload yang tinggi, harganya sangat mahal. sehingga ini juga mempengaruhi perbedaan harga antara IIX dan US server.

Demikian penjelasan saya tentang perbedaan server IIX dan server US. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar